Info Sekolah
Sat, 25 May 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
3 Apr 2023

8 Santri Oemar Diyan Menuntut Ilmu ke Negeri Nabi Musa

Mon, 3 Apr 2023 Kategori : Kegiatan / Prestasi Santri

Penulis | Parisha

Merujuk Pengumuman Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor: B-799/DJ.I/HM.00/08/2022 tentang Uji Kompetensi (Ikhtibâr Tasfhiyah/Tahdîd Mustawâ) bagi Calon Mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir Beasiswa dan Nonbeasiswa, sebagai bentuk kerjasama antara Kementerian Agama Republik Indonesia dan Pusat Bahasa Markaz Syeikh Zayed Kairo, dan berdasarkan hasil uji kompetensi bahasa (UKB) oleh Pusat Bahasa Markaz Syeikh Zayed Kairo serta hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) oleh Tim Pokja Moderasi Beragama Kementerian Agama RI pada tanggal 30 Agustus 2022 lalu mengumumkan 8 Santri Oemar Diyan sebagai Camaba Universitas Al-Azhar Mesir.

Hal tersebut dibenarkan oleh Hafidh Ansari, salah satu camaba Universitas Al-Azhar yang akan berangkat ke Mesir bersama oemardiyannews di Bandara Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar. Minggu, (2/04/2023).

Pada tahap pertama seluruh pendaftar diuji dengan Tes Uji Kompetensi (Ikhtibâr Tasfhiyah/Tahdîd Mustawâ) bagi Calon Mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir diikuti oleh 1185 siswa dan hanya tersisa 781 siswa. Kemudian untuk tahap kedua yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang diikuti oleh 781 siswa dan hanya tersisa 731. Hafidh merasa sangat bersyukur bahwa Ia dan santri Oemar Diyan yang lain tercantum dalam daftar pengumuman kelulusan.

“Ini merupakan kesempatan besar bagi kami untuk melanjutkan studi ke Universitas Al-Azhar Mesir. Ini semua berkat doa dan restu dari orang tua dan guru-guru kami di Oemar Diyan. Semoga Allah membalas kebaikan guru-guru kami.” Pungkas Hafiz Anshari, camaba Universitas Al-Azhar Mesir.

Hafidh juga mengungkapkan bahwa Ia dan Santri Oemar Diyan yang lain baru bisa berangkat ke Mesir pada 2023, dikarenakan visa yang belum keluar. Sebelumnya santri Oemar Diyan menyempatkan diri untuk melanjutkan studinya di Universitas Ar Raniry, Banda Aceh dan kampus lainnya. Hal ini dilakukan sembari menunggu visa yang tak kunjung bersahabat.

Rasyid Syakura (Mengikuti Kuntum Program Hafal Qur’an di Jawa Tengah)
Allief Rayyan (Kuliah di Lipiai Banda Aceh)
Anis Rizky Saputra (Mengikuti Kuntum Program Hafal Qur’an di Jawa Tengah)
Syahrul Akbar (Mengikuti Kuntum Program Hafal Qur’an di Jawa Barat)
Shantia Fidela (Kuliah di UIN Ar Raniry, Prodi Psikologi)
Fatihurrizqi Al Amri (Kuliah di UIN SukaYogyakarta Prodi Hukum Ekonomi Syariah)
M. Hafidh Al Hazimi (Kuliah di UIN Ar Raniry Prodi Sastra Arab)
Hafiz Anshari (Kuliah di UIN Ar Raniry Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir)

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

https://www.oemardiyan.com/