Info Sekolah
Sat, 25 May 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
20 Mar 2023

Ust. Afrizal Sofyan, Jadikan Bulan Puasa Untuk Meningkatkan Ibadah dan Mempererat Silaturahmi

Mon, 20 Mar 2023 Kategori : Kegiatan

Penulis | Parisha
Photografer | Rezkina Zalfa Putri

Bulan Ramadan merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah. Menyambut bulan tersebut, seluruh kegiatan belajar mengajar Pesantren Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan dibekukan sementara. Krueng Lamkareung, Indrapuri. Minggu, (19/03/2023).

Pimpinan Oemar Diyan, Ust Yamin Ma’shum berikan beberapa nasehat penting sebelum hari perpulangan tiba. Dalam sambutannya, Ust Yamin mengajak semua santri untuk memanfaatkan bulan suci ini untuk memperbanyak ibadah. Menurutnya, bulan ramadhan ini merupakan kesempatan besar bagi seorang muslim untuk memperbaiki diri masing-masing agar menjadi lebih baik kedepannya.

Kemudian, Ust Yamin juga mengajak seluruh santri Oemar Diyan untuk selalu menjaga tata krama, adab, dan akhlak ketika berhadapan dengan orang tua maupun masyarakat setempat. Ia berharap nilai-nilai yang telah dipelajari di pesantren agar diaplikasikan di kampung halaman masing-masing.

“Mari kita manfaatkan momen ini sebagai untuk meningkatkan ibadah kita, berdzikir kepada Allah Swt. Sepulang anak-anakku di rumah nanti, Ust berharap untuk menjaga tata krama ketika berbicara dengan orang yang lebih tua kepada kita. Jangan sekali-kali membantah perkataan orang tua. Tanamkan nilai-nila yang telah kita pelajari di kampung halaman kita.” Pungkas Ust Yamin

Ust Afrizal Sofyan, Direktur Pengajaran Ponpes Oemar Diyan turut berikan tausiah kepada santri-santri Oemar Diyan. Ia mengajak santri Oemar Diyan untuk meningkatkan ibadah dan mempererat tali silaturahmi. Pada kesempatan ini Ia menjelaskan syarat-syarat puasa, rukun puasa, macam-macam puasa, dan amalan-amalan yang dianjurkan di bulan puasa.

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia menyambung tali silaturrahmi, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia berkata baik atau diam. Melakukan puasa tentu ada peraturannya. Dengan begitu wajib bagi kita mengetahui apa saja yang menjadi syarat dan rukun puasa. Macam-macam puasa dan amalan yang akan kita amalkan dalam bulan yang suci ini.” Ungkap Ust Afrizal

Kegiatan belajar mengajar akan kembali aktif pada Ahad, (30/04/2023). Selama bulan ramadhan berlangsung, Oemar Diyan mengadakan daurah ramadhan yang dibuka khusus untuk santri/wati Ponpes Tgk. Chiek Oemar Diyan pada 05-25 ramadhan 1444 H. Bagi santri/wati yang dinilai kurang dalam bacaan Quran oleh tim penilai, diwajibkan untuk mengikuti program tahsin dalam Daurah Ramadhan selama 7 hari.

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

https://www.oemardiyan.com/