Profil Dayah

Profil Dayah Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan

Latar belakang berdiri Dayah Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan

Sejarah berdirinya Dayah Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan ini bermuladari keprihatinan yang sangat serta kepedulian sosial dari seorang aktivis Muslim H. Sa’aduddin Djamal, SE (almarhum) yang melihat kanan kiri ternyata belum ada satu lembaga Pendidikan Dayah terpadu khusus putri yang berdiri di Aceh. keprihatinan dan kepedulian bapak H. Saaduddin Djamal, SE tersebut dengan seiring dengan keinginan masyarakat untuk didirikan sebuah dayah modern walaupun hanya sangat sederhana. selanjutnya bapak H. Sa’aduddin Djamal, SE (almarhum) dengan penuh semangat berusaha mengajak masyarakat setempat untuk berpartisipasi dan pembangunan dayah tersebut.

Alhamdulillah berkat pertolongan dan izin Allah SWT serta doa restu dan dukungan masyarakat keinginan tersebut terpenuhi dengan mendapat bantuan dari masyarakat sekitar khususnya masyarakat lampanah indrapuri. setelah itu, pada tahun 1990 beliau nawaitu membangun dan mendirikan dayah dengan memilih Putroe Krueng lam Kareung sebagai nama dari dayah ini. Nama itu sendiri berdasarkan keinginan beliau pada awalnya untuk mendirikan dayah yang dikhususkan putri. Namun karena desakan masyarakat yang menginginkan bahwa jangan putri saja, kemudian diterima putra dan nama dayah diubah menjadi Dayah Tgk, Chiek Oemar diyan.

Nama Tgk. Chiek Oemar Diyan itu sendiri dipilih berdasarkan Chiek Oemar dari nama Ulama Besar Aceh Tgk. Chiek Oemar yang merupakan kakek buyut dari bapak H. Sa’aduddin Djamal, SE (almarhum) sebagai pendiri pesantren ini merupakan keturunan dari Abu Lam U, karena lokasi pesantren terletak di Indrapuri maka diambillah nama Tgk. Chiek Oemar yang merupakan ayah dari Abu Lam U dan Abu Indrapuri yang kama menetap di kampung Yan Kedah Malasyia dan Bahkan menutup hidupnya di kampung Yan tersebut, dan untuk mengabadikan daerah dan tempat tinggal Tgk. Chiek Oemar makan diambillah nama yang ditulis diakhiri nama dayah yang merupakan kombinasi dua kata Di Yan (Diyan).

Dayah Tgk. Chiek Oemar Diyan merupakan salah satu dayah terpadu. Dayah Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam Tgk. Chiek Oemar Diyan yang berlokasi di Desa Krueng LamKareung Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Provinsi Aceh. Dayah Tgk. Chiek Oemar Diyan diresmikan oleh gebernur Aceh Ibrahim Hasan pada tanggal 27 Oktober 1990.

Pada sejarah perkembangan awal dayah Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan, sistem yang digunakan sudah bersifat modern (terpadu) dengan mengacu pada kurikulum Pondok Modern Gontor dan Kurikulum Departemen Agama. Namun dalam menyesuaikan perkembangan ini Dayah Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan mengacu kepada visi dan misi madrasah, maka Dayah Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan menetapkan tujuan dayah secara umum sebagai berikut :

a. Diharapkan santri mampu memiliki pengetahuan yang seimbang antara agama dan pengetahuan umum.

b. diharapkan santri mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris

C. Diharapkan santri dayah yang berbudi, beriman, berilmu dan bertaqwa.

d. diharapkan santri setelah keluar dari madrasah mampu melanjutkan studinya keperguruan tinggi yang terkemuka.