Bagian Minat dan Bakat Menggelar Diskusi Umum Dengan Tema "Siswa Berdialektika Membangun Narasi Negeri"

Pada kegiatan pembekalan santri Oemar Diyan, Bagian Minat dan Bakat kembali mengaktifkan kegiatan muhadharah (Pidato) dan diskusi pada malam, Kamis, 9/9/22 di Pesantren Tgk. Chiek Oemar Diyan, Krueng Lamkareung, Indrapuri, Aceh Besar.

Muhadharah dikhususkan kepada santri – santri kelas VII – X, sedangkan Diskusi hanya dikhususkan kepada santriwan/santriwati kelas XI. Pada pembukaan diskusi semalam, Bagian Minat dan Bakat mengundang Amirul Haq RD., S.Pd sebagai pemateri pembekalan diskusi santri kelas XI dengan tema “Siswa Berdialektika Membangun Narasi Negeri”. Acara tersebut berlangsung selama tiga jam di Aula STB dan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ghazi Al- Ghifari.

Amirul Haq merupakan Alumni Oemar Diyan Tahun 2016 yang sekarang sedang melanjutkan studi Pascasarjana-Nya di UIN Sunan Kalijaga dengan jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Amirul Haq juga aktif dibeberapa organisasi. Baru – baru ini ia tengah menjabat sebagai Ketua Aceh Besar Yogyakarta (KABY) 2022 – 2023. Ungkap Moderator Muhammad Arifin.

Dalam diskusi tersebut, Amirul Haq menyampaikan beberapa hal penting yang harus dipersiapkan oleh santri – santri kelas XI. Dalam membuat sebuah narasi makalah yang baik dan menarik untuk dibahas, Ia menjelaskan ada beberapa langkah dalam menulis makalah. Pertama, memilih topik karangan yang menarik, Kedua mengumpulkan bahan atau data yang berkaitan, Ketiga menyususun  kerangka karangan, keempat mengembangkan pendahuluan, kelima mengembangkan isi karangan dan yang keenam membuat penutup karangan. Langkah – langkah ini harus tertera dalam makalah adik – adik kelas XI.

Adik – adik juga harus memiliki gagasan, pendapat maupun argumentasi yang logis ketika menulis sebuah makalah presentasi. Selain itu, adik – adik juga harus mempunyai komuikasi dengan memilih kata – kata yang mudah dipahami oleh audiens. Sehingga makalah adik –adik menjadi lebih menarik. Ungkap Amirul Haq. 

Diakhir pemaparan pemateri selesai, moderator Muhammad Arifin dan notulen Syeh Nafil membuka sesi pertanyaan kepada Santri-santri kelas XI dan ditutup dengan pembacaan Do’a oleh Nafal Afnan.

Terimakasih banyak kepada panitia dan pemateri yang telah berhadir mensukseskan acara Diskusi Umum malam ini. Semoga acara ini menjadi pembekalan kepada santri-santri kelas XI untuk membuat makalah yang lebih bak dan menari dikemudian hari. Ucap Rangga Mulya., S.Pi bagian Minat dan Bakat saat diwawancarai oleh oemardiyan news.

*Narator: Parisha