Info Sekolah
Sat, 25 May 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
18 Jan 2022

Study Tour Santri Kelas VI diagendakan Tahun Ini

Tue, 18 Jan 2022 Kategori : Kegiatan

Oemar Diyan – Pandemi covid 19 telah merenggut aktivitas semua umat manusia. Kondisi yang terjadi dalam dua tahun terakhir ini telah membatasi berbagai kegiatan sosial setiap individu. Setiap tahunan Pesantren Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan selalu mengadakan program study tour bagi santriwan maupun santriwati kelas V. Tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini study tour santri kelas VI diadakan berbarengan dengan santri kelas V. Kenaikan status pandemi covid 19 tahun sebelumnya menjadi alasan pengunduran study tour kelas VI menjadi tahun ini.

Pengadaan program study tour bertujuan untuk belajar mengenai proses suatu hal secara langsung serta menjadi sebuah kegiatan untuk berekreasi. Tidak hanya dimaknai sebagai sebuah perjalanan, melainkan study tour adalah sebuah perjalanan yang dapat memberikan pengalaman baru yang tidak ditemukan dalam kelas oleh setiap individu santri. Selain itu, dengan adanya program study tour santri diharapkan dapat mempelajari informasi baru secara langsung dan menambah wawasan serta sumber pengetahuan baru.

Pelepasan study tour bagi santri Kelas VI dilaksanakan pada Sabtu, 15 Januari 2022. Pembinaan dan Pelepasan dipandu langsung oleh ustaz Afrizal Sofyan selaku pembina pengajaran di Pesantren Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan. Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini berjumlah 103 orang. (Santriwan 56 orang + 4 Pembimbing) dan (Santriwati 40 orang + 3 pembimbing)

“Mudah-mudahan keberangkatan study tour ini dapat memberikan pengalaman baru dan membuka wawasan santri dengan dunia luar. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat memotivasi dan menumbuhkan rasa tertarik santri terhadap objek yang diamati. Sehingga sepulang dari study tour santri Oemar Diyan akan lebih banyak mencari tahu untuk memuaskan rasa ketertarikannya terhadap suatu objek yang diminati.” Ungkap Ustaz Afrizal Sofyan dalam pelepasan study tour.

Over land study tour santri kelas VI Pesantren Tgk. Chiek Oemar Diyan dimulai dari Banda Aceh – Sumatera Utara – Sumatera Barat – Pekan Baru. Kegiatan ini dilaksanakan selama 10 hari di mulai dari Kamis, 15 Januari 2022 hingga Senin, 24 Januari 2022. Adapun jadwal perjalanan study tour santri kelas VI Oemar Diyan yaitu:

Sabtu, 15/01/2022 Persiapan keberangkatan dari Pesantren Oemar Diyan menuju Kota Medan – Parapat. Ahad, 16/01/2022 rombongan melanjutkan perjalanan menuju Tomok, wisata budaya di pulau Samosir dan Bukittinggi. Senin, 17/01/2022 Rombongan diharapkan telah tiba di Bukittinggi untuk sarapan pagi di hotel resto. Kemudian Rombongan melanjutkan perjalanan menuju Batusangkar untuk berkunjung ke Hj. Rosmah produk, Kiniko local produk, istana Pagaruyung dan Nagari Pariangan desa paling tua cikal bakal masyarakat minang. Selasa, 18/01/2022 Perjalanan menuju Padang Panjang. Rombongan berkunjung ke Perguruan Thawalib, Wisata di Lembah Anai dan Pandai Sikek.

Rabu, 19/01/2022 Perjalanan menuju Padang. Rombongan melanjutkan kunjungan ke UIN Imam Bonjol, museum Adityawarman dan Pantai Padang. Kamis, 20/01/2022 rombongan melanjutkan perjalanan ke Desa Koto Gadang, desa pengrajin Perak, Wisata di Panorama dan Ngarai Sihanok, Belanja oleh-oleh khas tanah Minang, Wisata di Jam Gadang dan belanja di Pasar Atas. Jumat, 21/01/2022 rombongan menuju Payakumbuh, Home Industry Rendang Padang, wisata di lembah Harau, wisata di Kelok 9, komunitas petani 360 dan Masjid Agung An-Nur Pekanbaru.

Sabtu, 22/01/2022 rombongan akan bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darussalam Guntur di Batubara dan berkunjung ke Istana Maimun dan Masjid Raya Kota Medan. Ahad, 23/01/2022 perjalanan dilanjutkan ke Brastagi menuju Wisata agro di strawberry park (personal account) dan funland Mikie Holiday. Senin, 24/01/2022 rombongan berkunjung ke kampus Universitas Sumatera Utara dan Belanja oleh-oleh khas Kota Medan. Selasa, 25/01/2022 Pagi hari diharapkan rombongan telah tiba di Pesantren Tgk. Chik Oemar Diyan Indrapuri Aceh Besar, program Tour berakhir.

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

https://www.oemardiyan.com/