Info Sekolah
Sat, 25 May 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
18 Jan 2022

Oemar Diyan Kembali Mengadakan Study Tour Bagi Santri Kelas V

Tue, 18 Jan 2022 Kategori : Kegiatan

Sabtu, 15 Januari 2022 Pesantren Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan kembali mengadakan pelepasan Study Tour bagi santriwan maupun santriwati kelas V. Pengadaan program study tour bertujuan untuk belajar mengenai proses suatu hal secara langsung serta menjadi sebuah kegiatan untuk berekreasi. Tidak hanya dimaknai sebagai sebuah perjalanan, melainkan study tour adalah sebuah perjalanan yang dapat memberikan pengalaman baru yang tidak ditemukan dalam kelas oleh setiap individu santri. Selain itu, dengan adanya program study tour santri diharapkan dapat mempelajari informasi baru secara langsung dan menambah wawasan serta sumber pengetahuan baru.

“Study Tour yang dilaksanakan oleh Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan pada hakikatnya berfungsi sebagai sarana pendidikan bagi santri. Yang dimaksud dengan pendidikan disini yaitu pendidikan lapangan dimana santri harus belajar sebagai bahan konfrehensif baik itu dari segi ekonomi, tarbiyah, ataupun bahkan kegiatan – kegiatan di pesantren lainnya. Dari segi pendidikan ekonomi misalnya, santri dapat belajar tentang wirausaha. Sehingga santri memiliki tujuan ketika menjadi alumni. Selain itu santri bisa melihat secara langsung budaya ataupun kebiasaan adat istiadat di daerah yang dikunjungi. Harapannya, semoga santri dapat belajar dan memiliki wawasan yang lebih luas tentang bagaimana cara menghargai budaya orang lain dan bersosialisasi yang baik dengan masyarakat sekitar nantinya. Kemudian santri diharapkan mampu berkontribusi kepada Oemar Diyan tentang apa yang mereka dapatkan di pesantren lainnya untuk kemudian di adopsi dan diaplikasikan pada saat mereka menjalani sebagai pengurus nantinya.”  Ungkap Ustaz Muslim sebagai guru pedamping Study Tour santri kela V

Kegiatan ini dilaksanakan selama 10 hari di mulai dari Kamis, 15 Januari 2022 hingga Senin, 24 Januari 2022. Over land study tour santri kelas V Pesantren Tgk. Chiek Oemar Diyan dimulai dari Banda Aceh – Sumatera Utara – Sumatera Barat – Pekan Baru. Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini berjumlah 128 orang. (Santriwan 69 orang + 3 Pembimbing) dan (Santriwati 54 orang + 2 pembimbing)

Adapun jadwal perjalanan Study Tour kelas V yaitu Sabtu 15/01/22 17.00  Wib santri Berangkat dari Banda Menuju Padang Via Pekan Baru. Senin 17/01/22 05.00 Wib Diperkirakan sampai di kelok 9 Melewati Lembah Harau, dilanjutkan menuju Pagaruyuang (Batu Sangkar). kemudian peserta tour akan di bawa ke pusat oleh oleh/Souveneer. Selasa 18/01/22 08.00 Wib peserta akan dibawa ke  Lobang Jepang, Musium Bung Hatta, Ngarai Sianok, Jam Gadang Pasar Atas . kemudian malam harinya peserta akan menghadiri malam silaturrahim dan pertukaran budaya seni antara Pesantren Harakatul Quran dan Pesantren Oemar Diyan.

Rabu 19/01/21 07.00 Wib Kunjungan ke Universiatas Negeri Padang, siang hari  City Tour Padang,  Basko Grand Mart / Plaza Andalas/Transmart dan Masjid Raya Sumatera Barat, dan pantai Air Manis. Kamis 20/01/21 08.00 Wib diperkirakan sampai di  Aek Sijorni. Peserta akan dibawa ke destinasi wisata alam yang sangat populer dan instaganic, yaitu air terjun yang jumlahnya sangat banyak, peserta tour dapat menikmati suasana alam sambil mandi. 14.00 Wib peserta mengikuti pertemuan dengan tokoh tokoh santri Kota Padang Sidimpuan dengan tema “Temu Tokoh Santri”. 18.00 Wib Shalat Magrib di Masjid Sipirok yaitu masjid terbesar di Tapanuli Selatan Sarapan. Setelah itu peserta akan melanjutkan perjalanan ke Medan Temu Tokoh Santri  di hadiri oleh  para Tokoh santri Tabagsel yang berkiprah di dunia Pesantren ,usaha, pemerintahan,pendidikan dan politik ,hal ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan semangat bagi santri/wati pondok pesantren Oemar Diyan.

Jumat 21/01/22 05.30 Wib Kunjungan ke Home industri Marquisa, Peserta Tour dapat melihat proses pembuatan Marquisa hingga merasakan rasanya. Siang hari peserta berkunjung ke Pesantren Arraudatul Hasanah Medan. Sabtu 22/01/22 08.00 Wib peserta Tour menuju Mickay Holiday. Di wahana ini peserta tour akan bermain sepuasnya. Minggu 23/01/22 10.00 Wib peserta Tour sudah menuju Istana Maimun,  Shoping Day (carefour, petisah,) Sore hari menuju Kota Banda Aceh. Senin 24/01/22 Diperkirakan peserta tiba pagi hari dan tour berakhir.

“Study Tour mengajarkan kita tentang kedisiplinan, salah satunya disiplin tentang waktu. Santri akan mengaplikasikan praktek kedisiplinan yang mereka lakukan selama di Pesantren pada saat Study Tour. Dalam hal ibadah, santri mempraktekkan secara langsung bagaimana shalat Jama’ dan Qashar yang di lakukan selama perjalanan.” Jelas Ustaz Muslim dalam pembukaan Study Tour.

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

https://www.oemardiyan.com/